728x90 AdSpace

Latest News

Mendaki Gunung Bromo, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Bromo

Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl.

Anda dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat Matahari terbit. Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat Anda melihatnya secara langsung.


Gunung Bromo juga merupakan salah satu gunung yang terkenal di kalangan pendaki gunung Indonesia. Selain itu para pendaki luar Negeri juga datang namun tidak terlaru sering.

Info dari Wikipedia
Judul Spoiler:
Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bromo mempunyai ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.


PENDAKIAN & INFO


Kita bisa menggunakan mobil JIP untuk mempermudah perjalanan pendakian kita.

Kita akan melakukan perjalanan melalui ujung desa Ranu Pani yang menuju gerbang Bromo. Lebih baik perjalanan dilakukan pagi hari.


Lama perjalanan sekitar kurang lebih memakan waktu 2 jam jika memakai kendaraan mobil dan 4 jam jika
berjalan kaki.

Terdapat Pos 1 di batas akhir desa Ranu Panu yang bisa kita gunakan untuk beristirahat. terdapat pemandangan yang indah menemani Istirahat kita.


Perjalanan akan kita lanjutkan dengan bukit yang curam yang jalurnya lumayan sempit dan tertutup oleh semak-semak yang lumayan tinggi.

Sebenarnya mendaki gunung Bromo termasuk Mudah dibandingkan gunung Semeru, Kerinci dan Jaya Wijaya. karena ini sudah mengalami pembaruan lingkungan untuk mempermudah para pendaki.


Kita bisa menggunakan tangga yang telah disediakan untuk mencapai puncak Bromo.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Bromo, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Bromo Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli