728x90 AdSpace

Latest News

Mendaki Gunung Semeru, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Semeru

Gunung ini adalah yang tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya yang bernama Mahameru, saat ini gunung Semeru menjadi salah satu gunung Paling favorit dan paling sering di daki oleh pendaki Indonesia.

Dari atas puncak Mahameru kita serasa berada di atas awan, selain itu kita juga bisa melihat pegunungan tengger yang sangat mempesona, terutama di kala Sunrise.


Jika Brothers sudah menonton film 5 cm, berarti Brothers sudah tau dong gunung yang satu ini ?

Info dari Wikipedia
Judul Spoiler:
Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat[1]. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Posisi geografis Semeru terletak antara 8°06' LS dan 112°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

PENDAKIAN & INFO


Jalur pendakian gunung Semeru memang cukup luas, disebelah kanan  berupa lahan perkebunan.

Kita akan mengambil jalur di sebelah kiri yang merupakan jalan setapak menanjak. Tentu saja, kita hanya perlu untuk mengikuti jalurnya agar sampai ke pos 1 sampai ke pos 4.


Perjalana memang tidak terlalu sulit antara gerbang kedatangan sampai ke pos 1.

Begitu juga dengan perjalanan dari pos 1 ke pos 2, jalan setapak cukup jelas, sehingga kita tidak mudah tersesat dalam melakukan pendakian gunung Semeru.


Mulailah perjalanan ke pos 3, tantangan yang akan kita hadapi karena jalurnya cukup panjang dan menanjak.

Kita akan tiba di Ranukumbolo untuk mendirikan tenda. Biasanya para pendaki beristirahat disini sebelum melanjutkan perjalanan ke Kalimati.


Selanjutnya kita akan menuju ke Kalimati, tapi terlebih dahulu kita harus menhklukan Tanjakan yang bernama Tanjakan Cinta dan beberapa tanjakan lainnya.

Setalah itu kita sudah bisa melakukan pendakian ke puncak Mahameru, disini lumayan susah karena pasir yang kita injak sudah pasti akan merosot.


Gunung Semeru akan padat ketika hari-hari libur,
Dan biasanya di Gunung Semeru diadakan Upacara Hari Kemerdekaan setiap tahunnya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Semeru, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Semeru Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli