728x90 AdSpace

Latest News

Mendaki Gunung Merbabu, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Merbabu

Gunung yang satu ini menurut saya sangat sangat berkesan, karena selain gunungnya mudah di daki gunung ini juga terkenal dengan savana’nya yang sangat indah.


Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini biasanya ramai dengan pendaki di saat Musim Panas tiba, karena dari puncaknya kita akan bisa melihat Matahari terbit dengan sangat sempurna.


Info dari Wikepedia :

Judul Spoiler:
Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.

Gunung Merbabu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Merbabu cukup populer sebagai ajang kegiatan pendakian. Medannya tidak terlalu berat namun potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki adalah udara dingin, kabut tebal, hutan yang lebat namun homogen (hutan tumbuhan runjung, yang tidak cukup mendukung sarana bertahan hidup atau survival), serta ketiadaan sumber air. Penghormatan terhadap tradisi warga setempat juga perlu menjadi pertimbangan



PENDAKIAN & INFO

Kita bisa mendaki Merbabu dengan beberapa jalur pendakian.

Menahklukan Gunung Merbau bisa dimulai ke kota Salatiga tepat nya di daerah Kopeng di kawasan wisata Umbol  Songo desa Cuntel Base Camp Manggala.


Terdapat 4 pos yang menemani kita untuk menahklukan Gunung Merbabu.

Sekitar 1,5 jam perjalanan untuk menuju Pos 1, untuk ke Pos 2 kita memerlukan 1 jam perjalanan saja.Sedangkan untuk mendaki Pos 3 Brothers memerlukan waktu 1,5 jam, dan untuk sampai ke Pos 4 Brothers memerlikan waktu sekitar 1,5 jam.


Tentu saja lumayan cepat, namun bagi pemula, mungkin saja akan memerlukan waktu yang lama untuk sampai di pos 1 pos 2, pos3 dan pos 4.

Kita bisa beristirahat di Pos 4 karena memang kondisi di Pos 4 sangat memungkinkan untuk mendirikan tenda.


Kemudian tentu saja, setelah kita sudah mempunyai cukup tenaga, kita melanjutkannya ke puncak Kenteng Songo. Total waktu yang dibutuhkan untuk menaghklukan Merbabu kurang lebih sekitar 9 Jam.


Sisa kebakaran Gunung Merbabu memang masih ada, namun perlahan akan menghilang karena sekarang sudah ditumbuhi beberapa tumbuhan lagi.


Sangat indah bukan Brothers ?

Walaupun perjalanannya cukup melelahkan tapi itu semua akan terbayar dengan panorama yang indah dari atas puncak gunung Merbabu. Hamparan awan yang disinari matahari pagi akan menjadikan pemandangan gunung ini menjadi sangat indah.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Merbabu, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Merbabu Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli