728x90 AdSpace

Latest News

Mendaki Gunung Pangandayan, Pendakian dan Info tentang Gunung Pangandayan

Terkenal dengan Hamparan Edelweisnya. Di kala Sunrise, kita dapat melihat matahari terbit yang memancarkan sinarnya di luasnya padang Edelweis Tegal Alun. Udara pagi pun sangat segar yang siap membersihkan paru-paru kita.. hehehe.. :-D


Gunung yang teletak di Garut, Jawa Barat ini termasuk gunung paling favorit bagi pendaki pemula, di karenakan Trek’nya yang cukup mudah dan pendek.

Info dari Wikipedia :

Judul Spoiler:
Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 ยบ C.

Potensi flora di dalam kawasan gunung ini diantaranya Pohon Suagi (Vaccinium valium), Edelweis (Anaphalis javanica), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanea argentea), Pasang (Quercus platycorpa), Kihujan (Engelhardia spicata), Jamuju (Podocarpus imbricatus ), dan Manglid (Magnolia sp ). Sedangkan potensi fauna kawasan diantaranya Babi Hutan ( Sus vitatus ), Trenggiling (Manis javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak), Lutung (Trachypitecus auratus ) serta beberapa jenis burung antara lain Walik (Treron griccipilla ), dan Kutilang ( Pycononotus aurigaste )

Gunung Papandayan mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

PENDAKIAN & INFO

Untuk Menahklukan Gunung Pangandayan pada umumnya memakan waktu 6,5 jam.
Terdapat beberapa Jalur untuk menahklukan Pangandayan,


~ Alun Alun Pondok Salada

Jalur setapak membelok kekanan dan saat keluar dari komplek kawah ini jalan setapak terus mendatar hingga sampai di sebuah warung and disini terdapat sebuah lapangan yang cukup menampung lebih dari 30 tenda.

Jalur setapak menuju Pondok Salada bisa ditemukan didepan warung ini dan sekitar lima menit berjalan dari warung ini kita akan sampai di Pondok Salada.


~ Alun Alun Tegal Alur

Jalur pandakian lumayan menantang, terdapat banyak bebatuan untuk melewati jalut ini. Tergolong mudah untuk menuju jalur ini karena memang ada jalan setapak yang bisa menuntun kita sampai.

Namun hati-hati karena terdapat Jurang pada bagian kiri, dan setelah kita berjalan terus hingga akhirnya keluar dari hutan kita akan menemukan tanah lapang yang dinamakan Tegal Alur.

Biasanya ini akan memakan waktu 1,5 jam untuk mencapai Tegal Alur.


~ Puncak Tegal Alur

Kita hanya perlu mengikuti jalan setapak yang memang sudah terlihat dengan sungai sebagai pemandu jalan setapak tersebut.

Pada pendakian ini yang bikin lama, karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menahklukan pendakian ini. Kendala lagi adalah ketika kita kurang cermat dalam mengamati jalan setapak.


Menurut beberapa Teman, Gunung Pangandayan merupakan salah satu Gunung yang melelahkan ketika ditahklukan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Pangandayan, Pendakian dan Info tentang Gunung Pangandayan Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli