728x90 AdSpace

Latest News

Mendaki Gunung Prau, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Prau

Pemandangan sunrise di gunung ini adalah salah satu yang terindah di Indonesia.

Sari atas puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan alam yang begitu Cantik, dengan Background dua gunung kembar yaitu Sundoro dan Sumbing di sisi selatan,dan juga gunung Merbabu serta Merapi di sisi timur, menambah indah pemandangan Sunrise dari Puncak Gunung Prau ini.


Menurut saya Gunung Prau tidak terlalu sudah buat Ditahklukan oleh para pendaki Profesional.

Info dari Wikipedia :
Tentang Gunungnya:
Gunung Prahu (terkadang dieja Gunung Prau) (2.565 mdpl) terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prahu terletak pada koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT. Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak. Gunung Prahu merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

Setidaknya ada tiga jalur yang dapat digunakan untuk mendaki Gunung Prahu, yaitu:

    Jalur Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang
    Jalur Patak Banteng, Wonosobo
    Jalur Kenjuran, Kendal.

PENDAKIAN & INFO

Pada umumnya para pendaki kan menggunakan jalur pendakuan Patak Benteng. Jalur ini menjadi favorit pendaki karena mudah dan tersedia jalur yang pasti, selain itu pemandangan yang indah juga akan menemani pendakian.


Kita sebelumnya akan melewati jalur yang berbentuk tangga makanya dinamakan jalur tangga. Waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 20 menit.

Kemudian kita akan melanjutkannya dengan jalur Batu. Jalur Batu memang bagus namun... tanjakannya juga mengakibatkan kita lelah.


Pos 1 dinmakan Sikut Dewo, Pos 2 adalah jalur perkebunan yang disebut Canggal Walangan menghabiskan waktu sekitar 50 menit antara pos 1 ke pos 2.

Lanjut ke Pos 3 yang disebut Cacingan, waktu tempuh sekitar 45 menit. Dan selanjutnya adalah Pos 3 yang memerlukan waktu 45 menit.


Pos 3 merupakan Puncak. Dan disini kita udah bisa Berfoto pastinya.. hahaha..

Berdasarkan pengalaman berbagai teman-teman saya, mereka mengatakan total waktu yang dibutuhkan untuk menahklukan Gunung Prau adalah 3 jam saja, lumayan cepat kan Bro ?

Jadi bagi para pendaki "Newbie" tak ada salahnya mencicipi gunung ini sebelum ke puncak Jaya Wijaya Papua.. hehehe.. :-D


Gunung Prau menjadi salah satu tujuan Fotografer Profesional, selain tergolong mudah dalam pendakian, Gunung ini juga indah disaat Sunrise ditambah lagi ada 2 Gunung sebagai bonusnya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Prau, Jalur Pendakian dan Info tentang Gunung Prau Rating: 5 Reviewed By: TulisanMaruli